Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

Soal Kompetisi Sains Madrasah (KSM): Menggabungkan Sains dan Nilai-Nilai Islam untuk Mengembangkan Potensi Siswa Madrasah

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan sebuah event kompetisi di bidang sains yang diadakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. KSM telah....

Soal Kompetisi Sains Madrasah (KSM): Menggabungkan Sains dan Nilai-Nilai Islam untuk Mengembangkan Potensi Siswa Madrasah

Soal Kompetisi Sains Madrasah (KSM): Menggabungkan Sains dan Nilai-Nilai Islam untuk Mengembangkan Potensi Siswa Madrasah

Kabar Harian - Soal Kompetisi Sains Madrasah (KSM): Menggabungkan Sains dan Nilai-Nilai Islam untuk Mengembangkan Potensi Siswa Madrasah - Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan sebuah event kompetisi di bidang sains yang diadakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. KSM telah menjadi agenda resmi Kementerian Agama yang diadakan setiap tahun dan dianggap sebagai ajang prestisius bagi madrasah, baik negeri maupun swasta, di berbagai tingkatan untuk menguji kemampuan di bidang sains dan teknologi.

Peserta yang berhasil lolos ke tingkat nasional merupakan hasil seleksi ketat dari kompetisi KSM tingkat kabupaten dan provinsi yang telah dilaksanakan sebelumnya. Kompetisi Sains Madrasah terdiri dari tiga tingkatan, yaitu Madrasah Ibtidaiyah (MI/SD), Madrasah Tsanawiyah (MTs/SMP), dan Madrasah Aliyah (MA/SMA).

Sejak tahun 2018, KSM telah menjadi ajang yang positif dalam membangun budaya kompetisi, dan mulai tahun tersebut, KSM berusaha menggabungkan sains dengan konteks nilai-nilai Islam. Integrasi antara sains dan konteks nilai-nilai Islam dalam KSM meliputi:
  1. Soal-soal sains dalam KSM dihubungkan dengan konteks yang ada dalam Al-Qur'an.
  2. Soal-soal sains dalam KSM menggali konsep serta penerapan yang ada dalam Islam, seperti zakat, falak, dan tema lainnya, dengan tujuan agar siswa tetap mempelajari konsep keislaman melalui pendekatan sains yang holistik.
  3. Soal-soal keilmuan sains murni, ini dilakukan untuk tetap menyejajarkan siswa-siswa madrasah dengan siswa-siswa yang mengikuti olimpiade sains di madrasah.
Dalam KSM tahun 2023 ini, soal-soal juga akan menggunakan Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, atau Bahasa Arab. Hal ini sebagai persiapan untuk kegiatan KSM di masa depan yang akan melibatkan negara-negara sahabat dalam kompetisi internasional.

Secara umum, tujuan dari Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2022 adalah memperkuat akhlak mulia, kreativitas, inovasi, kebangsaan, kecerdasan, kesehatan, disiplin, serta penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sedangkan secara khusus, tujuan KSM tahun 2023 adalah sebagai berikut:
  1. Memberikan kesempatan kepada siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains.
  2. Memotivasi siswa madrasah agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual berdasarkan nilai-nilai agama.
  3. Membangun budaya kompetitif yang sehat di kalangan siswa madrasah.
  4. Memberikan kesempatan kepada siswa madrasah untuk menjadi duta Indonesia yang dapat membanggakan bangsa dan menjadi penyejuk di tengah keterpurukan dunia pendidikan di Indonesia.
Hasil yang diharapkan dari Kompetisi Sains Madrasah Tahun 2023 adalah sebagai berikut:
  1. Pengembangan bakat dan minat sains, sehingga siswa madrasah dapat berkreasi dan mencintai sains.
  2. Motivasi siswa madrasah untuk selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual berdasarkan nilai-nilai agama, sehingga mereka menjadi yang terbaik di bidangnya.
  3. Pembentukan budaya kompetitif yang sehat di kalangan siswa madrasah.
  4. Penemuan bibit unggul dan berprestasi sebagai calon peserta kompetisi tingkat nasional.
  5. Menghasilkan siswa-siswi terbaik di setiap bidang dan menjadi sumber daya manusia yang mencintai bidang keilmuannya.
Bidang lomba dalam Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tahun 2023 adalah sebagai berikut:
  1. Tingkat MI: Matematika Terintegrasi, Sains IPA Terintegrasi.
  2. Tingkat MTs: Matematika Terintegrasi, IPA Terpadu Terintegrasi, IPS Terpadu Terintegrasi.
  3. Tingkat MA: Matematika Terintegrasi, Biologi Terintegrasi, Fisika Terintegrasi, Kimia Terintegrasi, Ekonomi Terintegrasi, Geografi Terintegrasi.
Dengan adanya Kompetisi Sains Madrasah, diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta membentuk generasi siswa madrasah yang berprestasi dan mencintai sains.

Silakan unduh latihan soal KSM MA tingkat Kabupaten tahun 2023 selengkapnya pada tautan dibawah:
  • DOWNLOAD Latihan Soal KSM MA Matematika DISINI
  • DOWNLOAD Latihan Soal KSM MA Fisika DISINI
Kometisi Sains Madrasah News Pendidikan
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar